Kepiting Isi Oleh-Oleh Khas Belitung yang Sayang untuk Dilewatkan

Oleh-oleh atau buah tangan merupakan hal wajib kamu beli untuk keluarga dan sanak kelurga di rumah. Bepergian kemudian pulang tanpa membawa oleh-oleh hampa bukan rasanya? Nah, bagi kamu yang sedang berkunjung atau mempunyai rencana untuk berkunjung ke Belitung jangan sampai melewatkan salah satu oleh-oelh khas Belitung ini. Apakah itu? Yuk simak penjelasannya dibawah ini.

Kepiting isi atau yang sering juga disebut dengan ketam isi adalah makanan khas Belitung yang terbuat dari rajungan (kepiting kecil) yang diambil dagingnya dicampur dengan bumbu seperti bawang, lada dan telur kemudian dimasukkan kembali dibelakang cangkang rajungan dan digoreng hingga renyah. Jadi untuk makan daging rajungan sudah sangat mudah tanpa bersusah-susah membuka cangkang demi cangkang. Rasanya daging ketam pun nikmat, gurih, dan renyaaah. Menikmati ketam isi seperti menikmati nugget rajungan olahan rumah. Bagi penduduk asli Belitung, ketam isi merupakan lauk pauk sehari-hari. Tapi bagi pendatang, Ketam Isi bisa menjadi oleh-oleh yang tahan hingga 2 hari. Harga ketam isi berukuran kecil Rp 6.000,- / pc sedangkan yang besar Rp 10.000,-/pc.

Kepiting isi ini dapat kamu jumpai di indistri rumahan daerah Belitung atau kamu juga bisa menemui kepiting isi ini di warteg. Peminat kepiting isi ini sangat tinggi jadi ketika kamu ingin membelinya usahakan membeli pada pagi atau siang hari karena pada malam hari sudah habis biasanya. Asal muasal adanya kepiting isi ini dulunya banyak ketam yang tidak diolah atau dikirim ke restaurant yang ada di kota. Akhirnya ada salah satu warga yang berinisiatif untuk mengolahnya menjadi olahan kepiting yang dicampur dengan bawang putih dan lada putih yang telah dihaluskan, tambahan perisa, telur, dan daun seledri/daun bawang setelah rata adonan dimasukkan cangkang kepiting. Ternyata rasanya enak dan juga memudahkan dalah hal memakan kepiting tanpa harus memotong cangkang dan lain sebagainya.

Sebagai salah satu pilihan oleh-oleh khas Belitung, kepiting isi ini bertahan selama dua hari (untuk kepiting yang sudah digoreng) dan bisa bertahan selama satu minggu untuk kepiting isi yang dibekukan. Jadi aman untuk dibawa perjalan jauh.